Pada musim penghujan 2022, kebun percobaan Faperta Unik ditanami sebagian besar oleh tanaman kacang tanah. Sebagian kecil lahan percobaan digunakan untuk plot penelitian para mahasiswa yang ditanami oleh beragam tanaman hortikultura. Menanam kacang tanah bisa menjadi solusi tepat untuk mengisi waktu daripada lahan dibiarkan kosong dan ditumbuhi rumput liar selama musim penghujan.

Hasil kacang tanah direncanakan selain untuk menjadi konsumsi pribadi keluarga besar Faperta Unik, juga dikarenakan peminat di pasarannya cukup tinggi, tentu saja dijual di pasaran. Permintaan kacang tanah di Kota Kediri terus meningkat dari masa ke masa, untuk bahan pangan khas Kediri seperti Pecel Tumpang, pakan ternak, maupun untuk industri.

Tanaman yang berasal dari Amerika, dengan bahasa latin Arachis hypogaea ini membutuhkan waktu kisaran 100-130 hari hingga panen tiba. Proses menanam dilakukan oleh mahasiswa dan para dosen serta karyawan Faperta Unik secara bersama. Perawatannya dilakukan juga secara bersama oleh para mahasiswa dengan sistem piket dan bergiliran.

Tanaman kacang tanah yang ditanam merupakan bibit unggul yang membutuhkan waktu tanam lebih singkat, yaitu kurang lebih 3 bulan. Sementara bibit biasa baru dapat dipanen saat usia 5 bulan. Ciri tanaman kacang tanah yang siap panen adalah batang mengeras, polong berwarna cokelat kehitaman, daun tanaman sudah mulai menguning dan mulai gugur, dan polong keras dan terasa penuh saat dipegang.