Kuliah Umum merupakan salah satu agenda rutin setiap semester di setiap Program Studi di Fakultas Pertanian Universitas Kadiri. Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang mata kuliah yang ditempuh di semester berjalan dengan mengundang pemateri yang berasal dari tenaga profesional yang dipandang memiliki kepakaran pada bidangnya. Pemateri yang diundang tidak hanya berasal dari akademisi namun juga kalangan praktisi yang pada kesehariannya bekerja atau berwirausaha pada bidang tertentu di sektor pertanian dan sektor terkait lainnya.

Semester gasal 2021-1 kali ini, Program Studi Agribisnis dan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Kadiri akan melangsungkan kegiatan Kuliah Umum gabungan kedua Prodi. Tema yang diangkat adalah “Tantangan Digitalisasi Pemasaran Produk Pertanian” dan “Strategi Peningkatan Produktivitas Pangan Lokal untuk Memperkuat Keragaman Pangan”. Kedua tema dipilih dengan pertimbangan beragam mata kuliah yang ditempuh oleh para peserta didik dari tingkat/semester 1, 3, 5 dan 7 yang di antaranya seperti Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Universitas, Mata Kuliah Wajib Prodi dan Fakultas, serta Mata Kuliah Pilihan lainnya. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik terkait mata kuliah yang ditempuh, di luar pemahaman dan materi yang telah diberikan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah.

Tujuan dari kegiatan Kuliah Umum adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa terkait strategi peningkatan produktivitas pangan lokal dan tantangan digitalisasi pemasaran produk pertanian. Manfaat dari kegiatan Kuliah Umum adalah pengembangan kegiatan Fakultas Pertanian, masing-masing Prodi dan para peserta didik yang terlibat. Lebih dari itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian perjanjian kerjasama yang telah dijalin oleh Fakultas Pertanian maupun masing-masing Prodi dengan para mitranya (lembaga atau instansi lain). Penyelenggara kegiatan ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Kadiri Tahun 2022. Sasaran kegiatan ini adalah semua mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Kadiri, Mahasiswa lain di lingkungan Universitas Kadiri dan Mahasiswa dari Universitas lainnya di Luar Kampus Universitas Kadiri.

Kuliah Umum dipandu oleh pembawa acara Saudara David Fajar Setyawan, dibuka seperti biasa dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Kadiri. Selanjutnya, Ketua Pelaksana yaitu Saudara Dektiyansyah Nusantara Sukoco menyampaikan laporannya. Penyambutan dilakukan oleh Ketua BEM Fakultas Pertanian, Saudara Hana Zulva Daroini dan diteruskan oleh Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Bagian Akademik, Bapak Ir. Junaidi, M.P. Secara khusus kegiatan kuliah tamu dimoderasi oleh Saudari Mufiana Alfatin, yang merupakan Presiden BEM Universitas Kadiri Tahun 2021/2022. Pemateri berasal dari mitra Fakultas Pertanian, yaitu PT. Jiva Agriculture Indonesia. Pemateri pertama adalah Bapak Agung Setia Budi, yang bekerja pada divisi Corn Quality di Jiva East Java dan membawakan materi berjudul “Meningkatkan Produksi Jagung untuk Memperkuat Keragaman Pangan Lokal”. Pemateri kedua adalah Bapak Aria Alifie Nurfikry, yang merupakan Country Growth Manager – Jiva Indonesia. Beliau membawakan materi berjudul “Tantangan Digitalisasi Pemasaran Pertanian”.

Acara berlangsung dengan khidmat, para peserta menyimak presentasi dari pemateri dengan serius. Di bagian akhir acara, panitia hingga kewalahan menanggapi banyaknya pertanyaan dari peserta untuk pemateri. Kegiatan ditutup dengan foto bersama para peserta, pemateri, dan panitia yang bertugas.




Doa bersama Panitia BEM Fakultas Pertanian Universitas Kadiri sebelum kegiatan dimulai