VISI, MISI & TUJUAN

VISI

Menjadi Fakultas Pertanian yang memiliki komitmen terhadap karakter, kompetensi dan  keunggulan serta berdaya saing Internasional dalam penguasaan, penerapan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Pertanian pada tahun 2026 .

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang pertanian yang berbasis agroteknologi dan agribisnis, untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten dan unggul serta mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Pertanian serta mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang terpublikasikan.
  3. Mendokumentasikan dan menerapkan hasil-hasil penelitian untuk menggali dan mengembangkan sumberdaya dan potensi daerah bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyediakan dan memberdayakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan Tri-dharma Perguruan Tinggi, sesuai dengan tuntutan serta kemajuan teknologi, secara bertahap dan berkesinambungan.
  5. Menyelenggarakan pengelolaan organisasi Pendidikan Tinggi di tingkat Program Studi secara berkualitas, dengan tetap berpegang kepada prinsip-prinsip tatapamong yang baik, yaitu : terukur, transparan, berkeadilan dan cepat tanggap (accountability, transparancy, fairness, and responsibility).
  6. Mengembangkan dan meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan segenap pemangku kepentingan (stakeholder), dalam konteks kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, guna dimanfaatkan sepenuhnya bagi pembangunan daerah, masyarakat dan almamater.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten unggul dan berdaya saing, dengan kualifikasi sebagai berikut :
  • Berjiwa Panca Sila dan bersikap mental Panca Moral, yaitu : jujur, disiplin, berani, musyawarah dan karya nyata, serta  memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  • Berwawasan lingkungan, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEKS serta dinamika perubahan sosial kemasyarakatan di bidang pertanian.
  • Mengusai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan.
  1. Menghasilkan temuan-temuan (konsep, model dan/atau paradigma) baru melalui penelitian yang dapat memperkaya khasanah IPTEKS di bidang pertanian yang berbasis kepada moral dan etika, dalam rangka ikut serta memecahkan masalah-masalah yang ada serta menunjang pembangunan pertanian di tingkat lokal, regional maupun nasional.
  2. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat, dalam bentuk pembinaan dan pendampingan serta pembimbingan dan pemberian konsultasi untuk pemberdayaan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.
  3. Meningkatkan dukungan sarana-prasarana dan teknologi informasi, baik secara kualitas maupun kuantitas untuk mewujudkan budaya akademik yang kondusif, dinamis dan bermoral sehingga segenap sivitas akademika dapat mengaktualisasikandiri dalam kebebasan akademik, kebebasan mimbar, dan otonomi keilmuan.
  4. Menguatnya sistem manajemen yang berlandaskan pada prinsip-prinsip tata kelola organisasi program studi yang baik (good department governance), sehingga segenap staf dan karyawan memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi dalam mencapai tujuan kelembagaan, secara produktif dan menghasilkan konsep tracer study yang memadai.