Kegiatan praktikum dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu selama semester genap 2021-2. Mata kuliah tersebut di antaranya Biokimia Tanaman, Dasar-Dasar Agronomi, Kimia Organik, Budidaya Tanaman Hortikultura, Budidaya Tanaman Tahunan, Budidaya Tanaman Semusim, Pemuliaan Tanaman, Dasar-Dasar Ilmu Tanah, Teknologi Benih, dan Mikrobiologi.

Para mahasiswa, dari semester 2 hingga semester 6 sangat antusias dalam kegiatan praktikum sesuai mata kuliah yang diambil pada semester tersebut. Kegiatan praktikum dilakukan di dalam laboratorium kimia, fisika, maupun lab biologi Fakultas Pertanian, kebun percobaan, dan greenhouse. Praktikum dibimbing oleh Dosen Pembimbing Praktikum dan Asisten Praktikum, yaitu mahasiswa/i semester 8 (tingkat akhir).

Beberapa praktikum, seperti misalnya praktikum Budidaya Tanaman Hortikultura dan praktikum Dasar-dasar Agronomi bahkan menghasilkan produk karya mahasiswa yang siap digunakan di lapangan, juga siap diujikan lebih lanjut di laboratorium, seperti Pupuk Organik Cair (POC) dari Keong, POC Air Kelapa, POC Kelor, Pestisida Nabati (Pesnab), Herbisida Ragi Tape, Booster atau ZPT dari telur, terasi, madu, air kelapa, MSG, dan sebagainya.