Selama empat tahun berturut-turut, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Papar menjadi tuan rumah terselenggaranya acara “Gelar Inovasi dan Teknologi Pertanian”. Tahun ini, kegiatan diikuti oleh 29 perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, instansi-intansi terkait, dan dihadiri oleh kurang lebih 1000 petani. Perusahaan yang terlibat merupakan produsen pupuk, produsen benih, produsen obat pertanian (herbisida, insektisida, pestisida), dll. Di antara perusahaan pertanian yang terlibat, yaitu PT. BISI, PT. East West (Panah Merah), PT. CIPMAPE, PT. Petrokimia Kayaku, PT. Halbanero Company, PT. Advanta Seeds, PT. Wilmar Chemical, PT. Pertiwi, PT. Syngenta, PT. Pupuk Kaltim, dan PT. Royal Agro. Acara diadakan pada tanggal 7 hingga 8 Juni 2022 dan dibuka oleh Bupati Kabupate Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, S.H.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Kadiri pada tahun ini memperoleh kehormatan menjadi bagian dari penyelenggaraan acara dan kepanitiaan. Penyampaian kerjasama diawali dengan kedatangan sebagian mahasiswa beserta Ketua Program Studi Agribisnis, Agustia Dwi Pamujiati, S.TP., M.P dan Ketua Program Studi Agroteknologi, Nugraheni Hadiyanti, S.P., M.P ke BPP Papar Kecamatan Papar. Rombongan disambut dan diberi pengarahan langsung oleh Bapak Suyitno, selaku Kepala BPP Papar sekaligus Koordinator Gelar INOVASI dan TEKNOLOGI PERTANIAN. Di samping itu, hadir juga pembicara, sekaligus ketua pelaksana kegiatan, yaitu Bapak Subekti. Beliau menyampaikan peran mahasiswa dalam kegiatan sekaligus juga memotivasi mahasiswa untuk mengasah soft skill dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, salah satunya melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini.

Adapun tugas awal mahasiswa dalam kepanitiaan dan penyelenggaraan acara di antaranya membantu persiapan acara, khususnya persiapan demplot benih, pestisida, dan sebagainya. Sebagai tugas awal mahasiswa panitia adalah membantu dalam persiapan lahan, tanaman, dan merapikan tanaman pagar sebagai tempat predator alami sebagai pengendalian preventif. Dalam persiapan lahan, mahasiswa juga bertugas dalam perbaikan ajir dan tegakan pada tanaman cabe, penyiangan gulma, pencampuran POC pabrikan, dan penambahan pupuk kompos. Tanaman yang dipamerkan meliputi tanaman cabai, jagung, timun, pare, tomat, melon, bawang merah, buncis, sawi, dll (dengan berbagai varietas).

Pada hari-H pelaksanaan, mahasiswa yang bertugas sebagai penerima tamu di bagian pendataan memintakan fotocopy KTP masing-masing tamu undangan (petani). Tamu undangan yang lupa dan tidak membawa, mahasiswa membantu memotret KTP asli untuk pendataan. Tamu kemudian mengisi data (nama dan alamat) dan menandatangani bukti kehadiran. Selanjutnya mahasiswa pengantar tamu, siap bertugas mengantar tamu undangan ke kursi yang disediakan. Total hari pertama ada 100 orang per kelas dan hanya 1 kali season per kelas. Sementara pada hari kedua pelaksanaan, terdapat 300 orang peserta per kelas, dibagi menjadi 4 kali season, dan per season 75 orang per kelas.

Mahasiswa yang bertugas sebagai operator melakukan kegiatan sejak pagi hari, meliputi mengecek dan mempersiapkan kondisi laptop sebelum acara dimulai dan memastikan kondisi laptop 100% sehat. Mereka juga mempersiapkan bahan presentasi/materi yang akan dipaparkan. Selama acara berlangsung, mereka standby di posisi sebagai operator perlengkapan tersebut. Saat waktu menunggu, mereka menampilkan slide show kegiatan, yaitu foto-foto kegiatan persiapan. Sementara itu di ruangan, mahasiswa panitia lainnya sibuk menyiapkan konsumsi bagi tamu undangan dan panitia yang bertugas.

Mahasiswa Panitia yang bertugas di area spot Photo Booth mempersilakan tamu untuk singgah dan mengabadikan kegiatan hari tersebut dalam bentuk foto di lokasi. Mereka bertugas sebagai operator foto para tamu yang ingin berfoto di spot tersebut. Tak lupa di akhir acara, para panitia mahasiswa bersama ketua pelaksana kegiatan juga turut mengabadikan kebersamaan mereka di spot foto sebagai kenangan kegiatan dan kepanitiaan dalam acara tersebut. Mahasiswa pun secara kreatif membuat video kenangan kegiatan mereka selama menjadi panitia.