RINGKASAN

Muhamad Lutfi Syafi’i, 13322386, ”Proyeksi Kebutuhan Beras Lima Tahun Kedepan Berdasarkan Perkembangan Jumlah Penduduk Di Desa Blimbing, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri”. Fakultas Pertanian Universitas Kadiri. Di bawah bimbingan Ir. Eko Yuliarsha Sidhi,MP dan Ir. Widi Artini,MP.

Proyeksi adalah perhitungan yang menunjukkan keadaan fertilitas, mortalitas dan migrasi dimasa yang akan datang. Cepatnya pertambahan penduduk yang semakin banyak akan menjadi padat untuk tahun yang akandatang. Hal inijugaakanberdampakpadakebutuhan konsumsi beras yang semakin banyak seiring bertambahnya jumlah penduduk.Besarnya perubahan lahan pertanian ke non pertanian maka akan menjadikan penyusutan produksi pertanian sehingga dikhawatirkan akan terjadi kekurangan bahan pangan.

Metode dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Metode sensus adalah suatu cara atau teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Daerah penelitian di Desa Blimbing Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengunakan dasar-dasar Demografi pertumbuhan penduduk.

Hasil penelitian diketahui pertambahan penduduk Desa Blimbing Kecamatan Gurah kabupaten Kediri untuk lima tahun kedepan sebanyak 501 jiwa yang tergolong dari balita, anak-anak, dewasa, dan lansia. Untuk kebutuhan konsumsi pangan beras di Desa Blimbing selama lima tahun kedepan sebanyak 596.178.222kg dan untuk ketersediaan pangan beras di Desa Blimbing selama lima tahun kedepan sebanyak656.333.145 kg.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pertumbuhan jumlah penduduk Desa Blimbing sebesar 3,4% pertahun, dengan jumlah kebutuhan beras pertahun sebanyak 494.485,42. Dan prakiraan pada tahun 2022 kebutuhan beras sebanyak 596.178.222 kg.