RINGKASAN

             KIKI MUQTASIDAH KHAKIM (NIM : 13312498). : Pengaruh    Ukuran Umbi   dan   Kedalaman  Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium cepa L.). di bawah bimbingan Ir. Supanji, MP. (DPU) dan Ir. Mariyono, MP. (DPA).

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran umbi dan kedalaman tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah yang telah dilakukan dalam media polybag yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret. Percobaan faktorial dilakukan dalam Rancangan Acak Lengkap dengan empat ulangan. Faktor pertama, ukuran umbi terdiri dari tiga taraf, masing-masing : diameter umbi >1,8 ; 1,5 – 1,8 ; <1,5 cm. Faktor kedua, kedalaman tanam, terdiri dari dua taraf : ¾ badian umbi dan seluruh bagian umbi.

               Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara perlakuan ukuran umbi (S) dan perlakuan kedalaman tanam (D). Tetapi berpengaruh sangat nyata pada perlakuan ukuran umbi (S) pada pengamatan kecepatan tumbuh, tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, berat kering dan berat basah umbi, tidak berpengaruh nyata pada perlakuan kedalaman tanam (D). Secara keseluruhan perlakuan ukuran umbi dengan diameter > 1,8 cm (S1) menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan umbi yang berdiameter 1,5 – 1,8 cm (S2) dan umbi yang berdiameter < 1,5 cm (S3).