RINGKASAN

             CAHYO ASRIWAHYU PRATAMA (NPM :14322410). Analisis Kepuasan Petani Bawang Merah (Allium ascolonicum, L) Terhadap Kinerja Pelayanan PPL Dan Penanganan Pupuk Bersubsidi. Dibawah Bimbingan Ir.WidiArtini., MP (DPU) dan Ir.WiwiekAndajani., MP (DPA).

            Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitaskinerjapelayanan PPL dan penanganan pupuk bersubsidi terhadap tingkat kepuasan petani bawang merah, serta untuk mengetahui kepuasan petani bawang merah terhadap kinerja pelayanan PPL dan penanganan pupuk bersubsidi.

             Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik danstatistikdengan metode pendekatan kualitatif, pelaksanaannya menggunakan teknik survei. Penelitian ini dilakukan di DesaNglinggo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk. Pengambilan sampel dilakukan kepada petani bawangmerah sebanyak 30 orang dengan golongan petani berdasarkan luas lahan yang dibagi menjadi 3 Strata. Strata I berjumlah 14 orang petani dengan luas lahan < 0,50 ha, Strata II berjumlah 9 orang petani dengan luas lahan 0,51 – 1,00 ha, dan Strata III berjumlah 7 orang petani dengan luas lahan > 0,101 ha. Metode pengambilan petani sampel dilakukan dengan metode Stratified Random Sampling. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder dengan teknik observasi, wawancara, pencatatandangabunganketiganya.

            Dalam penilaian kinerja pelayanan PPL diukur menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible, Reability, Responsiveess, Assurance dan Empathy. Sedangkan kinerja PPL dalam menangani pupuk bersubsi di diukur menggunakan lima komponen utama yaitu kualitas pupuk, harga pupuk, kualitas pelayanan, faktor emosional, dan jalur akses pupuk.