ABSTRAK

 

Oleh

Samurti

       Program Pengembangan Usaha AgribisnisPerdesaan yang dikenal dengan sebutan PUAP adalah bagian dari pelaksanaan program PNPM-M melalui bantuan modal usaha dalam menumbuh kembangkan usaha agribisnis sesuai dengan potensi pertanian desa sasaran.Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) merupakan program yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan antarwilayahdansektor.Penyelenggaraan Program PUAP di Desa Mekikis Kecamatan Purwoasri akan menjadi stimulus bagi petani untuk memberikan reaksi atau tanggapan terhadap Program PUAP.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam Dampak dari Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan Terhadap Peningkatan Produksi dan Pendapatan Usahatani Di Desa Mekikis KecamatanPurwoasri Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode survey, metode penentuan daerah peneletian ditentukan secara purposive yaitu secara sengaja di Desa Mekikis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling acak sederhana (Simple Random Sampling), data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Tahap analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif, Peneliti menggunakan Uji T (t-test) dengan menggunakan Uji t berpasangan. Hasil dankesimpulandaripenelitianinimenunjukkanbahwadampak program pengembangan usaha agrinisnis (PUAP) di desaMekikisadalahpositifsetelahadanya program PUAP oleh pemerintah.Hasil dari program ini yaitu kegiatan yang pertama dari dampak program PUAP ialah para petani memperoleh hasil produksi dan pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya. Hal ini karena hasil produksi dari para petani tersebut lebih berkualitas, sehingga harga dari hasil produksi tersebut lebih tinggi. Selain itu kegiatan yang kedua ialah masyarakat petani setempat dapat memperoleh pupuk dengan mudah, hal ini karena pupuk telah disediakan oleh pemerintahuntukmenunjanghasilpanen. Dan pupuk yang diberikanolehmasyarakatpetanitersebutdibagisama rata denganpetanilainnya. Serta kegiatan yang ketigadariadanya program PUAP denganadanyasimpanpinjaminimemudahkanpetanidalammendapatkanpembiayaanproduksiuntukagribisnis yang merekakelolasehinggamenimbulkanhasilproduksi yang lebihbanyakdibandingkansebelumnyakarenamerekamendapatkan modal tambahan.

Kata kunci: PUAP, Petani